PENATAAN DAPUR DI APARTEMEN

Dapur di apartemen, pada umumnya berada dekat dengan pintu masuk ke dalam unit hunian dalam apartemen. Hal ini dimaksudkan agar memudahkan aktivitas setelah penghuni melakukan belanja bahan kebutuhan dapur.

Kelengkapan dapur di apartemen tergantung pada kelas gedung apartemen tersebut. Umumnya pihak pengembang menyediakan area dapur yang terdiri dari kabinet atas dan kabinet bawah. Atau setidaknya telah mempersiapkan tempat untuk meletakkannya.

Lemari bagian bawah, digunakan untuk menyimpan alat memasak seperti panci atau lainnya. Sedangkan lemari atau kabinet bagian atas digunakan untuk menyimpan alat makan (piring), bahan makanan dan bumbu-bumbu.

Pada umumnya, pengembang telah mempersiapkan meja dapur yang dilengkapi dengan sink (bak cuci piring), dan ruang untuk meletakkan kompor. Posisi kompor hendaknya berdekatan dengan area kerja, sehingga memudahkan untuk aktivitas mengolah bahan masakan.

Area yang dipergunakan untuk meletakkan kompor, pada umumnya telah dilengkapi  dengan ruang untuk meletakkan exhaust fan untuk menghisap asap dan menyalurkannya dalam luang ventilasi.

Baca juga bagaimana memahami segitiga kerja di dalam dapur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s