TIPE LAYOUT DAPUR

Bagi sebagian keluarga, dapur dapat dijadikan sebuah ruangan tempat untuk menikmati kebersamaan bersama keluarga. Meskipun, Anda bukanlah seorang ahli memasak yang mayoritas waktunya diluangkan di dalam dapur. Estetika sebuah dapur adalah penting, tetapi fungsi dari dapur lebih penting.

Bagaimana cara menata dapur Anda mempengaruhi efisiensi kerja Anda di dalam dapur. Untuk mendukung kenyamanan Anda selama menghabiskan waktu di dalam ruang khusus memasak ini, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk mengolah layout dapur berdasarkan kebutuhan dan luasan dapur yang Anda  miliki.

Beberapa tipe layout dapur yang dapat  Anda pilih adalah :

  • Dapur dalam satu garis lurus (single line kitchen). Layout dapur ini berupa sebuah garis lurus. Semua aktivitas dapur menempel pada satu dinding. Tipe ini sesuai untuk jenis ruangan yang sempit memanjang atau untuk dapur mungil. Bak cuci biasanya diletakkan di tengah, diantara kompor dan kulkas.

  • Dapur tipe koridor ( double line  kitchen ). Dapur diletakkan pada dua sisi dinding yang berhadapan. Ruangan yang tercipta di antara dua sisi yang berhadapan ini, difungsikan sebagai ruang sirkulasi dari keduanya. Anda bisa meletakkan zona masak dan air bersih pada satu sisi, sementara sisi lainnya dapat Anda gunakan untuk area penyimpanan. Atau zona memasak pada satu sisi, sedangkan sisi yang lainnya dapat Anda gunakan untuk area air bersih dan penyimpanan.

  • Dapur tipe L. Tipe dapur ini cocok untuk dipakai di ruangan besar maupun sempit. Area sirkulasi yang tercipta dapat  mendukung kelancaran aktivitas Anda.

  • Dapur tipe U.Salah satu tipe dapur yang dapat menciptakan tempat penyimpanan yang cukup banyak dan  efektif . Penataan zonanya lebih fleksibel, tergantung kebutuhan penggunanya.

  • Dapur dengan island.Biasanya, layout dapur ini berbentuk tipe single line atau tipe L dengan tambahan sebuah meja di tengahnya (island). Meja yang berada di tengah tersebut , daput berupa meja yang permanen maupun meja yang dapat  Anda pindah-pindahkan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s